21 February 2007

Cerita tentang Kopdar


"Ramai tong teman-teman blogger di," kataku pada Ndypada saat di perjalanan pulang dari MTC, setelah menghadiri kopdar blogger Makassar. Itu adalah kopdar perdanaku, ketemu pertamaku dengan pemilik-pemilik blog yang dulunya hanya kusaksikan lewat layar monitor komputer.

"Yah, begitulah blogger. Setiap kopdarnya pasti sarat dengan keseruan," Ndypada mulai berceloteh.

Tiba-tiba hpku berdering. Telepon dari Ani, perempuan yang dua bulan terakhir ini selalu mengganggu malamku sebelum tidur, karena wajah ayunya yang selalu mengusik, membuat sesuatu bertambah: RINDU.
"Halo, sayang.." ujarku sedikit menggombal.
"Dimanaki'?" pertanyaannya membuatku merasa dia mengkhawatirkanku.
"Baru pulang dari MTC. Ada kopdarnya blogger tadi, Ndy ajakka'. Masih di jalanka', antar Ndypada pulang," jawabku panjang.
"Oke, hati-hatiki'. Salam sama Ndy," Ani mengakhiri teleponnya.

Kulanjutkan obrolanku dengan Ndypada. Masih tentang blogger. Yang jadi deadline obrolan saat perjalanan dari MTC ke Daya malam itu adalah rasa heranku dan kegelian Ndypada saat para blogger mengira kami adalah sepasang kekasih. Apalagi malam itu adalah tanggal 13 Februari, katanya malam valentine. Dan maklum, Ndypada juga terkenal sebagai perempuan sendiri alias jomblo. Maka lahirlah asumsi ini. Semoga Ndypada segera menemukan pria yang bisa membuatnya jatuh cinta. (Untuk Ndypada: Jangan marah ya Bu Kost. Kalau marah, siapa yang masak buat pakkampongers?)

Setelah kopdar malam itu, baru kemarin dan hari ini saya sempat ber-internet lagi. Karena beberapa hari lalu saya dan pakkampongers yang lain sedang berada di Bone untuk menghadiri pesta pernikahan kakaknya Eman. Saat bercengkerama dengan internet, kusempatkan pula mengunjungi tempat kumpulna blogger Makassar. Heran, bangga, malu, karena ada fotoku di sana. Untuk pertama kalinya foto bersama blogger Makassar, foto saat kopdar kemarin. Di situ, mungkin wajah narsisku belum begitu nampak. Maklum, baru gabung di komunitas ini. Jadi aslinya belum keliatan. Hehehehe.. Kata Ndypada, ada blogger yang berkomentar kalau aku pemalu. Iya, malam itu memang saya agak bingung. Obrolan blogger, termasuk Ndypada yang lumayan aktif di obrolan itu, kedengarannya cukup berat. Jadi saya memilih untuk diam dan hanya mendengarkan. Setelah kopdar bubar, barulah saya tanya-tanya ke Ndypada, perihal perbincangan blogger saat kopdar itu. Seru juga bisa berkenalan dengan blogger Makassar. Hanya satu kata untuk blogger Makassar: MANTAP. Jadi buat yang malas ikut kopdar, hilangkan rasa malas itu. Kopdar bersama blogger Makassar itu asyik. Mau ikut kopdar tapi bukan blogger? Ya bikin blog dulu, yah..

Oleh: Fuad Hassan a.k.a Fuad Parlente


No comments: